Informasi

KEGIATAN LOKAKARYA KEPEMIMPINAN SEKOLAH PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK ANGKATAN 2 TAHUN 2024

KEGIATAN LOKAKARYA KEPEMIMPINAN SEKOLAH PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK ANGKATAN 2 TAHUN 2024

Program Sekolah Penggerak (PSP) adalah program untuk mendorong proses transformasi satuan pendidikan agar dapat meningkatkan capaian hasil belajar peserta didik secara holistik baik dari aspek kompetensi kognitif (literasi dan numerasi) maupun non kognitif (karakter) untuk mewujudkan profil pelajar pancasila.

Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi nomor : 371/M/2021 tentang Program Sekolah Penggerak menyatakan tujuan program Sekolah Penggerak adalah meningkatkan kompetensi dan karakter yang sesuai dengan profil pelajar pancasila, menjamin pemerataan kualitas pendidikan melalui program peningkatan kapasitas kepala sekolah yang mampu memimpin satuan pendidikan dalam mencapai pembelajaran yang berkualitas, membangun ekosistim pendidikan yang kuat yang berfokus pada peningkatan kualitas, serta menciptakan iklim kolaboratif bagi para pemangku kepentingan dibidang pendidikan baik pada lingkup sekolah, pemerintah daerah maupun pusat. Untuk mencapai tujuan tersebut, intervensi pada tingkat satuan pendidikan dilakukan dengan meningkatkan kompetensi Sumber Dsya Manusia (SDM) sekolah melalui pelatihan dan pendampingan.

Proses transformasi hendaknya mendorong semua pihak bahu membahu menciptakan iklim kolaborasi secara internal disatuan pendidikan dan secara eksternal di ekosistim satuan pendidikan.

Adapun tujuan kegiatan pelaksanaan Lokakarya Kepemimpinan Sekolah 1 Program Sekolah Penggerak Angkatan 2 Kota Langsa Tahun 2024 ini adalah agar Kepala Sekolah mengembangkan kemampuan kepemimpinan pembelajaran dalam meningkatkan profesinalisme guru, Kepala Sekolah memiliki kesadaran penuh pentingnya peran kepemimpinan dalam penyelenggaraan pembelajaran yang memerdekakan untuk mencapai profil pelajar Pancasila, dan kepala sekolah menyadari peran dan dukungan dalam kumunitas belajar.

 Kegiatan Lokakarya Kepemimpinan Sekolah 1 Program Sekolah Penggerak Angkatan 2  dilaksanakan pada hari   Sabtu tanggal 4 Mei 2024 dari pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai, bertempat di Ruang Multi Media SMA Negeri 1 Langsa. Adapun sasaran pelaksanaan Lokakarya Kepemimpinan Sekolah 1 Program Sekolah Penggerak Angkatan 2 adalah Kepala Sekolah Program Sekolah Penggerak yang berjumlah sebanyak 9 (Sembilan) Sekolah, yang terdiri dari kepala sekolah dan 2 orang guru komite pembelajaran masing-masing sekolah, serta Pengawas sekolah.

Kegiatan Lokakarya Kepemimpinan Sekolah 1 Program Sekolah Penggerak Angkatan 2 berlangsung dengan baik. Selain dihadiri oleh para Kepala Sekolah dan Guru dari komite pembelajaran masing-masing sekolah penggerak, Pengawas sekolah, para Fasilitator sebagai narasumber, serta perwakilan dari Balai Guru Penggerak Provinsi Aceh, kegiatan ini juga dihadiri oleh para tamu undangan, yaitu :

1.     Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Langsa, yang diwakili oleh Sekretaris, Erni Gumilawati, ST.

2.     Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Langsa, Sabri, S.STP., MAP.

3.     Kepala Bidang dilingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Langsa.

4.     Kasie dilingkungan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Langsa.

Kegiatan Lokakarya Kepemimpinan Sekolah 1 Program Sekolah Penggerak Angkatan 2 tahun 2024 ini  dibuka  secara  resmi  oleh  Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Langsa, Bp. Sabri, S.STP., MAP. Dalam sambutannya, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Langsa mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman peserta terhadap peran kepala sekolah dari sekolah penggerak sebagai pemimpin pembelajaran disatuan pendidikan. Peserta juga diharapkan dapat memahami strategi dalam meningkatkan kompetensi guru untuk menyelenggarakan pembelajaran yang berpusat pada murid, dan upaya untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila

Selanjutnya Kepala Cabang Dinas berharap agar kepala sekolah penggerak untuk mulai bergerak dan terus bergerak mengimbaskan pemahaman dan praktik baik kesekolah-sekolah lain yang belum memiliki kesempatan menjadi sekolah penggerak agar menginspirasi sekolah dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka secara mandiri.


 


Share

0 Komentar

Tinggalkan Komentar