Informasi

LOKAKARYA 9 FESTIVAL PANEN HASIL BELAJAR PROGRAM PENDIDIKAN GURU PENGGERAK ANGKATAN 9 TAHUN 2024

LOKAKARYA 9 FESTIVAL PANEN HASIL BELAJAR PROGRAM PENDIDIKAN GURU PENGGERAK ANGKATAN 9 TAHUN 2024

 Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) adalah program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melalui pelatihan dan kegiatan kolektif guru. Program ini bertujuan memberikan bekal kemampuan kepemimpinan pembelajaran dan pedagogi kepada guru sehingga mampu menggerakkan komunitas belajar, baik di dalam maupun di luar sekolah serta berpotensi menjadi pemimpin pendidikan yang dapat mewujudkan rasa nyaman, aman dan kebahagiaan peserta didik ketika berada di lingkungan sekolahnya masing-masing.

  Program Pendidikan Guru Penggerak didesain untuk mendukung hasil belajar yang implementatif berbasis lapangan dengan menggunakan pendekatan andragogi dan blended learning selama 6 (enam) bulan. Kegiatan Pendidikan Guru Penggerak dilaksanakan menggunakan metode pelatihan dalam jaringan (daring), lokakarya, dan pendampingan individu. Pendampingan individu diberikan oleh PP secara individu untuk membantu CGP menerapkan hasil pembelajaran daring.

 Selama mengikuti Program Pendidikan Guru Penggerak yang waktunya selama 6 (enam) bulan, Calon Guru Penggerak harus mengikuti lokakarya-lakokarya yang akan dipandu dan didampingi oleh masing-masing Pengajar Praktik. Ada 7 (tujuh) lokakarya yang harus diikuti oleh Calon Guru Penggerak. Pada Lokakarya 7 (lokakarya terakhir) merupakan lokakarya Festival Panen Hasil Belajar, para Calon Guru Penggerak akan menampilkan hasil pembelajaran yang telah dicapai selama 6 bulan menjalani pendidikan. Lokakarya ini menjadi kesempatan bagi Calon Guru Penggerak untuk mendapatkan saran pengembangan program disekolah dari para pengunjung serta membangun kerjasama maupun dukungan dari berbagai pihak terhadap perkembangan dan kemajuan pendidikan disekolah nantinya, dan kita sangat berharap kepada para Calon Guru Penggerak untuk dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu yang sudah didapat pada Program Pendidikan Guru Penggerak angkatan 9 ini serta dapat meningkatkan kompetensi bagi para Calon Guru Penggerak itu sendiri.

  Adapun tujuan kegiatan pelaksanaan Lokakarya 7 Festival Panen Hasil Belajar Program Pendidikan Guru Penggerak angkatan 9 adalah Calon Guru Penggerak mampu merefleksikan pencapaian hasil belajar selama mengikuti Program Pendidikan Guru Penggerak selama 6 (enam) bulan, berbagi dan menjelaskan praktik baik dilingkungan belajar sekolah, dan berkolaborasi dengan komunitas sekitar serta ide program selanjutnya.

Kegiatan Lokakarya 7 Festival Panen Hasil Belajar Program Pendidikan Guru Penggerak angkatan 9 dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 25 April 2024 dari pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai, bertempat di Aula Universitas Samudra Langsa.  Adapun sasaran pelaksanaan Lokakarya 7 Festival Panen Hasil Belajar Program Pendidikan Guru Penggerak adalah kepada Calon Guru Penggerak dan Pengajar Praktik Program Pendidikan Guru Penggerak angkatan 9.

Kegiatan Lokakarya 7 Festival Panen Hasil Belajar Program Pendidikan Guru Penggerak angkatan 9 berlangsung dengan baik dan meriah. Selain dihadiri oleh para Calon Guru Penggerak dan Pengajar Praktik serta perwakilan dari Balai Guru Penggerak Provinsi Aceh, kegiatan ini juga dihadiri oleh para tamu undangan, yaitu :

1.     Pj. Walikota Langsa, yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Ibu Siti Zuriah, SH.

2.     Ketua MPD Kota Langsa, Bp. DR. Zainuddin, MA.

3.     Dekan FKIP Universitas Samudra, Drs. Muhammad Acob, M.Pd.

4.     Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Langsa, yang diwakili oleh Sekretaris, Erni Gumilawati, ST.

5.     Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Langsa, Sabri, S.STP., MAP.

6.     Para Kepala Bidang dilingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Langsa.

7.     Kasubbag Umum dan para Kasie dilingkungan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Langsa.

8.     Pengawas satuan pendidikan TK, SD, SMP, SMA dan SMK.

9.     Kepala Sekolah dari Jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK dan SLB.

10. Perwakilan komunitas Pendidikan yang ada di Kota Langsa.

11. Para Guru Penggerak angkatan 6 dan 8 Kota Langsa.

12      Perwakilah guru dari masing-masing satuan pendidikan dari Jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK dan SLB.

13.     Perwakilan komunitas mahasiswa FKIP Universitas Samudra.

 Kegiatan Lokakarya 7 Festival Panen Hasil Belajar Program Pendidikan Guru Penggerak angkatan 9 ini dibuka secara resmi oleh Pj. Walikota Langsa, yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Ibu Siti Zuriah, SH.

Dalam laporannya pada kegiatan ini, Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Langsa, Tatang Warandana Harahap, S.ST, MCIO mengatakan bahwa Program Pendidikan Guru Penggerak adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Program ini menciptakan Pemimpin Pembelajaran yang berpusat pada murid dan menggerakkan ekosistim pendidikan yang lebih baik. Program ini meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan pendampingan selama 6 (enam) bulan bagi Calon Guru Penggerak (CGP).

 Kegiatan Lokakarya 7 Festival Panen Hasil Belajar yang sekarang dilaksanakan, para Calon Guru Penggerak akan menampilkan hasil pembelajaran yang telah dicapai selama 6 bulan menjalani pendidikan. Lokakarya ini menjadi kesempatan bagi Calon Guru Penggerak untuk mendapatkan saran pengembangan program disekolah dari para pengunjung serta membangun kerjasama maupun dukungan dari berbagai pihak terhadap perkembangan dan kemajuan pendidikan disekolah nantinya, dan kita sangat berharap kepada para Calon Guru Penggerak untuk dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu yang sudah didapat pada Program Pendidikan Guru Penggerak angkatan 9 ini serta dapat meningkatkan kompetensi bagi para Calon Guru Penggerak itu sendiri.

Selanjutnya, dalam sambutannya Pj. Walikota Langsa yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Ibu Siti Zuriah, SH mengatakan bahwa kegiatan Lokakarya 7 Festival Panen Hasil Belajar yang hari ini kita laksanakan merupakan kegiatan yang positif, yang akan berpengaruh dan mendorong Calon Guru Penggerak untuk dapat memahami dan menularkan Program Pendidikan Guru Penggerak kepada guru-guru lainnya yang berada di Kota Langsa.

Kita menyadari betul bahwa proses pembelajaran akan mencapai hasil yang maksimal jika terdapat interaksi dan hubungan timbal balik antara pendidik dan peserta didik, sehingga akan memberikan hubungan yang intern untuk mendapatkan hasil yang berkwalitas dalam mentransfer ilmu pengetahuan, peran guru sangatlah penting dan tidak dapat digantikan. Seorang guru dapat mengajarkan moral dan etika kepada peserta didik kita yang notabenenya adalah generasi milenial yang hidup diera teknologi 4.0.

 Pemerintah Kota Langsa mengajak kepada semua Pendidik untuk terus mendukung kegiatan Festival Panen Hasil Belajar Program Pendidikan Guru Penggerak angkatan 9 ini, mudah-mudah program ini dapat berjalan dan memberikan dampak positif yang luar biasa bagi dunia pendidikan kita.








Share

0 Komentar

Tinggalkan Komentar