Informasi

MEMBANGUN BUDAYA BELAJAR BERSAMA YANG BERKELANJUTAN MELALUI  LOKA KARYA KOMUNITAS BELAJAR  PADA PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK ANGKATAN 3 TAHUN 2024

MEMBANGUN BUDAYA BELAJAR BERSAMA YANG BERKELANJUTAN MELALUI LOKA KARYA KOMUNITAS BELAJAR PADA PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK ANGKATAN 3 TAHUN 2024

Program Sekolah Penggerak (PSP) merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dalam rangka mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila. Sekolah pelaksana Program Sekolah Penggerak mendapatkan lima intervensi yang saling terkait dan tidak bisa dipisahkan, yakni meliputi: 1). Pendampingan konsultatif dan asimentris; 2). Penguatan SDM sekolah; 3). Pembelajaran dengan paradigma baru; 4). Perencanaan berbasis data; dan 5). Digitalisasi sekolah.

Dengan intervensi-intervensi yang diberikan secara intensif selama 3 tahun, harapannya sekolah penggerak mendapatkan hasil belajar (literasi dan numerasi) diatas level yang diharapkan. Lingkungan belajar menjadi lingkungan yang aman, nyaman dan menyenangkan, terciptanya pembelajaran yang berpusat kepada siswa, serta tumbuhnya budaya refleksi pada guru maupun manajemen sekolah.

Data-data tersebut digambarkan secara komprehensif melalui rapor pendidikan yang diterbitkan setiap tahun. Dengan adanya raport pendidikan, satuan pendidikan maupun pemerintah daerah bisa melakukan perencanaan program/ kegiatan yang efektif dan efisien. Sehingga hasil akhir yang diharapkan, setelah menjadi satuan pendidikan pelaksana Program Sekolah Penggerak dapat tercapai

Adapun tujuan kegiatan pelaksanaan Lokakarya Komunitas Belajar 1 Program Sekolah Penggerak Angkatan 3 Kota Langsa Tahun 2024 ini adalah agar Pengawas sekolah, Kepala sekolah dan Pendidik memiliki kompetensi dalam membangun budaya beajar bersama yang berkelanjutan melalui komunitas belajar, sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar peserta didik.

 Kegiatan Lokakarya Komunitas Belajar 1 Program Sekolah Penggerak Angkatan 3  ini dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 25 Pebruari 2024 dari pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai, bertempat di SMP Negeri 11 Langsa.

Adapun sasaran pelaksanaan Lokakarya Komunitas Belajar 1 Program Sekolah Penggerak Angkatan 3 adalah Kepala Sekolah Program Sekolah Penggerak angkatan 3 yang berjumlah sebanyak 19 (Sembilan belas) sekolah, yang terdiri dari kepala sekolah dan 2 orang guru komite pembelajaran masing-masing sekolah, serta Pengawas sekolah.

Kegiatan Lokakarya Komunitas Belajar 1 Program Sekolah Penggerak Angkatan 3 berlangsung dengan baik dan para peserta sangat bersemangat mengikuti kegiatan ini.. Selain dihadiri oleh para Kepala Sekolah dan Guru dari komite pembelajaran masing-masing sekolah penggerak, Pengawas sekolah, para Fasilitator sebagai narasumber, serta kegiatan ini juga dihadiri oleh para tamu undangan, yaitu :

1.     Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Langsa, Ibu Dra. Suhartini, M.Pd

2.     Perwakilan dari Balai Guru Penggerak Provinsi Aceh

3.     Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Langsa.

4.     Para Kasie pada Bidang Pembinaan Ketenagaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Langsa.

Kegiatan Lokakarya Komunitas Belajar 1 Program Sekolah Penggerak Angkatan 3 tahun 2024  ini   dibuka  secara  resmi  oleh  Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Langsa,  Dra. Suhartini, M.Pd.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Langsa mengatakan bahwa melalui kegiatan ini diharapkan agar peserta melakukan refleksi dan evaluasi guna mengembangkan kuminitas belajar untuk mendukung peningkatan kualitas pembelajaran yang berdampak pada hasil belajar peserta didik. Selain dari itu, juga diharapkan pada peserta untuk dapat mengembangkan visi, misi dan tujuan yang berbasis pada komunitas belajar untuk mendukung peningkatan kualitas pembelajaran yang berdampak pada hasil belajar peserta didik pada satuan pendidikan masing-masing, serta menyusun program kerja pengembangan komunitas belajar pada lingkup satuan pendidikan.

Pada kegiatan ini, metode pembelajaran dan pendampingan yang dilakukan oleh para fasilitator sebagai narasumber adalah menggunakan pendekatan melalui pelatihan, diskusi kelompok terpimpin melalui kerja kelompok, tanya jawab dan presentasi hasil diskusi kelompok.




Share

0 Komentar

Tinggalkan Komentar