BIMTEK PENINGKATAN SDM SASARAN PSP DAN PGP MELALUI DIGITALISASI JENJANG SD TAHUN 2022

Pemerintah melalui Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) saat ini tengah gencar mensosialisasikan rencana pengembangan pendidikan berbasis digital di Indonesia.

Hal tersebut dilakukan demi mewujudkan pendidikan 4.0 di industri yang sudah semakin maju. Dengan begitu, Indonesia dapat mencetak sumber daya unggul agar dapat bersaing di era global.

Pendidikan 4.0 juga bisa dikatakan sebagai masa depan pendidikan yang akan menerapkan teknologi cyber ke dalam metode pembelajaran. Program ini sangat didorong untuk segera terealisasi mengingat perkembangan teknologi informasi yang sudah semakin cepat.

Dunia pendidikan harus bisa mengikuti percepatan yang saat ini sedang terjadi. Sekolah harus bisa segera bertransformasi supaya bisa tetap relevan dengan revolusi industri 4.0.

Program pendidikan 4.0 harus segera diterapkan agar dapat mengikuti perkembangan zaman. Oleh karena itu, institusi pendidikan harus segera menerapkan metode pembelajaran secara digital agar lebih efisien. Dengan begitu, peserta didik juga akan terdorong untuk lebih melek digital.

Akan tetapi, digitalisasi sekolah tak semudah yang dibayangkan. Pasalnya, masih banyak tenaga pendidik yang mengalami kesulitan untuk keep up dengan perkembangan teknologi.

Kondisi tersebut tentu saja membuat metode pembelajaran di kelas belum dapat terlaksana dengan maksimal.

Dengan demikian, institusi pendidikan harus bisa menyusun rencana supaya program ini bisa segera dilaksanakan dengan melakukan beberapa cara, seperti:

  • Kompetensi guru harus ditingkatkan
  • Melengkapi sarana dan prasarana di sekolah
  • Metode pembelajaran digital harus mulai diterapkan
  • Seluruh sistem yang ada di sekolah perlahan tapi pasti harus terdigitalisasi

Berdasarkan hal tersebut diatas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Langsa mengadakan Bimtek Peningkatan SDM Sasaran PSP dan PGP Melalui Digitalisasi, Sasaran Bimtek ini adalah Guru Sekolah Dasar (SD). Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 10-12 Oktober 2022 di Aula Hotel Kartika Langsa dan diikuti sebanyak 50 orang peserta guru SD dan narasumber berasal dari Kepala Sekolah Penggerak dan Co. Captain Belajar.id, Sumber dana kegiatan ini berasal dari DOKA tahun 2022. 

Dengan terlaksananya kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan guru dan siswa yang memiliki SDM yang unggul dalam memanfaatkan penggunaan media sosial dalam kegiatan belajar sehingga meningkatnya hasil belajar siswa holistic yang meliputi kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter.

 

 

 

What other's say about : How ThePhone thriller..